Bang Yono Sosok Babinsa Yang Dekat Dengan Rakyat

0
196

Modusinvestigasi.com | Garut

Reporter : Yudaz/Yono

Istilah Bintara Pembina Desa, sepertinya cukup awam di telinga masyarakat. Tetapi, ketika disingkat menjadi Babinsa, akan langsung teringat sosok pria, berbadan besar dan berseragam loreng khas TNI. Gagah, dan tegas.

Guna menjalin Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, salah satunya seperti Babinsa Sertu Jono, Koramil Banyuresmi Kodim  garut melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat

Pembinaan Komsos adalah merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial yang harus dimiliki oleh seorang Babinsa. Karena dengan Komsos diharapkan seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Disela sela tugasnya bagi Sertu Juyono yang akrab dipanggil bang yono, tidak pernah terlewat melihat kondisi masyarakat Garut diluar dinasnya khususnya di kecamatan banyuresmi. Dirinya dikenal sangat akrab dengan warga, selain ramah ia juga kerap membantu warga yang kesulitan yang berkaitan dengan sosial.

Saat diwawancarai, bang yono yang kebetulan lagi bersama istrinya berbicara “alhamdulilah selagi saya masih bisa membantu, saya pasti membantu dengan ikhlas untuk masyarakat”

Aktifitas kepedulian bang yono yang tercatat sebagai Babinsa banyuresmi, ternyata turut memberikan penyuluhan terhadap para narapidana di Lapas Garut. Beliau rutin melakukan olahraga bersama para napi yang kemudian selepas itu dirinya memberikan penyuluhan berupa nasehat terkait memperkuat kepercayaan diri para napi.

“Tentu ini sepengetahuan dan seijin pimpinan. Pihak Lapas meminta saya untuk giat tersebut,” bang yono sembari senyum.

Sudah banyak rumah tidak layak huni dan masjid masjid yang beliau bantu, serta lansia dengan membantu ekonominya.

“saya ikhlas menolong masyarakat yang membutuhkan, setidaknya hidup ini lebih berarti ketika saya bermanfaat bagi masyarakat, cara saya melakukan untuk menolong, salah satunya, mengumpulkan teman-teman yang ingin berdonasi”tambah bang yono.

Dia berharap aksinya menjadi inspirasi bagi sesama. Prinsip hidupnya, dia ingin menjadi obat di mana pun bertugas. Meskipun tidak dengan materi namun dengan sedikit kemampuan yang dia miliki.

Menurut salah satu warga, “Pak Babinsa memang orangnya seperti itu”, selalu sigap bila ada warga yang terkena musibah, bisa kita lihat bersama saat ini, khususnya di banyuresmi sosok bang yono selain babinsa beliau boleh dikatakan soudara, sahabat, teman serta guru bagi kami , ucap Pak salah satu warga banyuresmi, Tak heran bila Sertu juyono banyak dikenal warganya pungkas salah satu warga mengakhiri komentarnya.***