Izin Baru Mini Market Tiga Kecamatan di Depok Bakal Distop

0
61

Modusinvestigasi.com | DEPOK | Veronica / Liana 

Menjamurnya mini market baru di berbagai pelosok Kota Depok dikeluhkan masyarakat. Sebab, sangat mengganggu aktivitas perekonomian warga yang membuka usaha kecil atau toko klontong. Walikota Depok menanggapi serius, dan akan menyetop izin baru mini market.

“Masalah perizinan baru untuk mini maket di beberapa wilayah yang ada memang mendapatkan perhatian serius pemerintah termasuk dalam membatasi maupun menyetop pembangunan jika ada mini market yang sudah melebih kapasitas yang ditetapkan sesuai peraturan daerah (Perda),” tegas Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Agus Suherman, Kamis (30/5).

Sekarang ini jumlah mini market di 11 kecamatan terus dilakukan pendataan berkaitan dengan banyaknya keluhan masyarakat atau warga di puluhan kelurahan yang memiliki usaha kecil atau warung klontong kalah bersaing akibatnya tutup atau bangkrut.

Menurut dia, keluhan ini juga harus ditanggapi dan ditangani secara serius oleh Pemkot Depok untuk kepentingan masyarakat banyak terlebih pedagang klontong atau warung kecil-kecilan.

“Saya sudah minta ke Disperindag untuk mendatang ulang semua mini market yang ada agar diketahui wilayah mana yang harus dilarang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Depok Agus Suherman, membenarkan kalau pihaknya akan memperketat serta lebih selektif dalam memberikan perizinan usaha terhadap pendirian mini market baru di sejumlah kelurahan maupun pelosok kampung terlebih daerah yang sudah overload atau kelebihan dalam kuota adanya mini market.

“Ada memang kecamatan atau wilayah setelah dilakukan pendataan etrnyata sudah melebih batas maksimal kehadiran mini market baru atau lebih dari batas maksimal yang telah ditentukan dalam Perda Kota Depok,” ujarnya yang menambahkan perbandingan berdirinya mini market dihitung dari jumlah penduduk 1:5000 atau setiap 5.000 penduduk ada 1 mini market.

Dari total 11 kecamatan yang ada di Kota Depok ada tiga wilayah atau kecamatan yang bakal tak diberikan izin baru untuk pembangunan mini market baru  antara lain Kec. Sukmajaya, Kec. Beji dan Kec. Pancoran Mas, tutur Agus Suherman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here