Jelang Hari Kemerdekaan, Jokowi Umumkan Ibukota Negara yang Baru

0
46

MODUSINVESTIGASI.COM | JAKARTA | HORLAS

Presiden Jokowi akan memgumumkan rencana pemindahan Ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan, pada saat pidato kenegaraan di hadapan sidang tahunan MPR, 16 Agustus 2019, atau sehari menjelang HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Jokowi akan segera mengumumkan, apabila pihak Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)  yang selama ini mengadakan kajian telah menyatakan beres semua. Untuk saat ini di Bappenas masih ada sediki yang belum tuntas.

Ada satu-dua hal yang belum selesai. Kalau itu sudah bisa ditangani Bappenas  akan saya sampaikan dalam pidato kenegaraan,” kata Jokowi pada acara  temu pimpinan redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019)

Jokowi juga menyatakan bahwa rencana menyampaikan informasi tentang pemindahan ibu kota juga bergantung pada kesiapan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. “Kita tunggu saja hari-hari ini Bappenas menangani hal itu,” katanya.

Menurut Presiden, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah hal agar pemindahan ibu kota itu berjalan lancar. Salah satunya terkait penyediaan anggaran. “Untuk pemindahan dan pembangunan ibu kota baru itu dana yang dibutuhkan mencapai Rp 466 triliun,” kata Jokowi.

Untuk dana sebesar itu, menurutnya,  akan dicarikan dari sumber lain, bukan APBN. “Mungkin kalau APBN hanya sekitar 30 persen,” kat Jokowi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here