Karya Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Perkuat Ketahanan Pangan di NTT

0
25

Reporter : Tuti A / Pendam VI Diponegoro

Modusinvestigasi.com, Jateng – Berbagai upaya dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan infrastruktur pertanian seperti pembangunan talud badan irigasi yang terletak di Desa Manamas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P.,M.Tr.(Han)., dalam rilisnya di Desa Manamas, Kecamatan Neibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. ┬áJum’at (30/10/2020).

“Selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai pengaman perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik turut serta mengatasi kesulitan rakyat di wilayah perbatasan dengan membantu membangun talud dan saluran irigasi bagi para petani sebagai infrastruktur pertanian, bersama masyarakat Desa Manamas,” ujarnya.

Ditambahkan Dansatgas bahwa kehadiran Satgas salah satunya adalah untuk membantu mengatasi persoalan di tengah masyarakat. Diantaranya adalah dengan membangun talud dan saluran irigasi untuk pengairan pertanian. Karena pembangunan infrastruktur ini juga dinilai efektif untuk mengantisipasi jalan longsor di sepanjang ladang pertanian di Desa Manamas saat musim hujan.

Dengan penuh semangat Danpos Manamas Serma Dwi Prayoga dengan beberapa anggota dan masyarakat bergotong royong membangun talud dan saluran irigasi sepanjang kurang lebih 1000 meter.

“Pembuatan talud dan saluran irigasi ini penting sekali bagi para petani disini, apalagi sebentar lagi akan masuk musim hujan. Jadi, kami bersama masyarakat harus kompak agar pengerjaannya lebih cepat selesai. Kuncinya adalah ikhlas dan kerja sama sehingga kegiatan ini bisa terasa lebih ringan dikerjakan”, ucap Dwi.

Disamping sebagai solusi persoalan warga, kegiatan seperti ini menjadi salah satu wahana pemersatu antara TNI dan masyarakat.

“Kami akan selalu siap membantu warga Desa Manamas, kami harap dengan adanya kegiatan ini selain dapat semakin mendekatkan diri dengan masyarakat, kehadiran kami pun bisa dirasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Kanis Teme (50) selaku kepala Desa Manamas mengucapkan terimakasih kepada Danpos Manamas yang ikut membantu proses pembangunan talud dan saluran irigasi tersebut.

“Dengan adanya bapak-bapak TNI di sini kita sangat terbantu, sebelumnya kami sudah dibantu pelayanan kesehatan, sekarang kami juga dibantu membangun talud dan irigasi. Semoga TNI makin jaya dan sukses, amin,” ucapnya.