Kepala Sekolah SDN Dukuh Mencek 1 Sukorambi,Jember,Jawa Timur.Akui Penjualan Buku Agama Di sekolah Seharga Rp 8 Ribu.

0
1870

Modusinvestigasi.com | Jember | Tim KMI Jatim

Di salah satu sekolah SDN Dukuh Mencek 1 yang berada di wilayah kecamatan Sukorambi,Jember, Jawa Timur, yang di duga adanya penjualan LKS K13 yang bertema [seri Tematik Terpadu], dengan harga 40rb dan buku Agama 8rb. Hal tersebut dikatakan oleh seorang murid yang bersekolah di SDN tersebut kepada wartawan Koran Modus Investigasi saat di kediamanya, dan dengan adanya hal tersebut orang tua murid pun yang tergolong mempunyai ekonomi kurang mampu keberatan tentang adanya penjualan tersebut,apalagi bila lembar kerja soal di dalam buku tersebut sudah habis,siswa harus membeli lagi.

Dan disisi lain saat wartawan Koran Modus Investigasi mendatangi sekolah SDN Dukuh Mencek 1 Sukorambi,Jember,Jawa Timur,untuk konfirmasi terkait hal tersebut,Oknum Kepala Sekolah SDN Dukuh Mencek 1 mengelak tentang adanya penjualan buku[Seri Tematik Terpadu K13] dengan harga 40rb tersebut, dan juga mengatakan” kalau saya gak jual LKS,soalnya kandapat ini buku pendamping,saya belikan anak-anak ini contohnya, beli dari dana BOS utuk pendamping di pinjamkan,kalau di berikan tidak boleh, kan buku tematik itu gak ada soal-soalnya”ungkapnya .
akan tetapi saat buku yang di tunjukan oleh oknum kepsek tersebut sangat beda dengan buku yang di jual seharga 40rb ke murid dan beda kelas juga. sehingga wartawan Koran Modus Investigasi menunjukan bukti buku yang di jual kepada siswa oleh pihak sekolah tersebut, akan tetapi oknum Kepala Sekolah menyangkalnya dan mengatakan”mungkin itu yang lama”, padahal sudah jelas buku tersebut diberikan pada saat ajaran baru 2019.

saat konfirmasi lebih lanjut terkaitan adanya penjualan buku, Kepala Sekolah tersebut juga mengatakan”kalau agama itu iya memang harganya itu 8rb, kalau tematik dipinjam dari sekolah”ungkapnya.
berarti adanya penjualan buku  di sekolah SDN Dukuh Mencek 1 Kepala Sekolah tersebut sudah mengakuinya dengan harga 8rb yaitu buku agama, walaupun buku yang lain dielaknya. padahal sesuai dengan PP No.17 Tahun 2010, Bagian Keempat Larangan  pada Pasal 181 Pendidik dan tenaga kependidikan,baik perseorangan mauun kolektif,dilarang: a. Menjual buku pelajaran,bahan ajar,perlengkapan bahan ajar,pakaian seragam,atau bahan pakaian seragam di suatu pendidikan.
Lantas bagaimanakah tindakan Dinas Pendidikan Kab.Jember,Jawa Timur,dengan adanya hal tersebut,didiamkan saja atau di tindak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here