Longsor Landa Bogor, PDAM Pantau Pasokan Air Bersih

0
95

Modusinvestigasi.com | BOGOR | Veronica/Liana

Hujan deras di selatan Bogor beberapa hari ini berdampak cukup signifikan bagi pelayanan air bersih PDAM Kota Bogor. Sedimentasi aliran sungai meningkat sehingga mengurangi kualitas dan kuantitas air baku.

Di Sungai Cikereteg Rancamaya, banjir membawa beragam sampah. Dari berupa plastik, hingga batang pohon yang dibuang atau bekas longsor.

Bahkan saat ini petugas berupaya mengevakuasi batang ukuran besar yang mengganggu kinerja pintau intake SPAM Rancamaya.

Operator berupaya mengoptimalkan volume Reservoir Rancamaya pada ketinggian semestinya. Jika sudah cukup, pasokan ke arah Dekeng akan kembali dibuka.

Hingga Sabtu (27/4) siang, petugas terus memantau distribusi air bersih. Di hydrant Pakuan Hill, petugas bagian pengaliran melaporkan tekanan air masih kurang karena pengaruh udara yang terjebak di dalam pipa, dan air keruh.

Air keruh disebabkan akumulasi kotoran di dalam reservoir yang terbawa ke pelanggan. Kotoran terbawa ke pelanggan saat kondisi reservoir sedang rendah, sehingga terjadi turbulensi (air teraduk) di dalam reservour Rancamaya.

Melalui hydran pula petugas melakukan pengurasan (flushing) air yang keruh itu hingga benar-benar jernih.

Atas nama manajemen PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini.

“Petugas di lapangan terus mengatur sistem pengaliran di zona 1 dan zona layanan lain agar air PDAM Kota Bogor tetap mengalir ke pelanggan,” kata Sekretaris Perusahaan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Teguh Setiadi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here