Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Eks Istana Kesultanan Kotapinang

0
101

Modusinvestigasi.com | Labusel | Juara Effendy Harahap

Beberapa elemen masyarakat khususnya warga Kotapinang menggelar kegiatannya gotong royong di areal sejarah situs Kotapinang, yakni bekas istana kerajaan kesultanan Kotapinang, Sabtu, (1/12) di Kotapinang.

Diketahui pada kegiatan tersebut atas gagasan dari Pengurus Besar (PB) Ikatan Keluarga Labuhanbatu Selatan (IKLAS) Sumut yang diketuai oleh Rivai Nasution serta bersama jajaran organisasi kepemudaan DPD KNPI Kab. Labusel.

Terpantau pada kegiatan gotong royong tersebut turut juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Labusel Husin Siregar, Amlet Harahap dan beberapa warga lainnya. Salah satu Tokoh Pemekaran Kab. Labusel Mirwan Hasibuan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan tersebut berthemakan mengajak masyarakat turut berkerja sama untuk melakukan gotong royong.

“Kegiatan ini sesuai yang dituliskan di spanduk kita kali ini yakni mengajak masyarakat turut berkerja sama untuk melakukan gotong royong.

Hal ini sudah direncanakan pada acara dialog publik sampai pada tanggal 22 Desember yang akan datang,” jelas Mirwan, Sabtu, (1/12) di Kotapinang.

Sementara dilain tempat, Ketua PB IKLAS Sumut, Rivai Nasution mengatakan jika kegiatan tersebut sudah seharusnya dilaksanakan di lokasi bekas istana kerajaan kesultanan Kotapinang.

“Harapan kita adalah dibuat lokasi cagar budaya khas Kab. Labusel disini, karena istana ini adalah sejarah, maka harusnya dipugar menjadi tempat wisata dan budaya,” ujar Rivai Nasution.

Rivai juga berharappartisipasi serta kerja sama para masyarakat.

“Kita juga akan mengadakan dialog publik nantinya pada 22 Desember 2018 ini yang akan menghadirkan Gubernur Sumut yakni Bapak Edi Rahmayadi, Dinas Parawisata dan Budaya Prov. Sumut, Bupati Kab. Labusel serta seluruh tokoh masyarakat dan pihak keluarga Kesultanan Kotapinang,” terang Rivai sembari menyampaikan kegiatan ini tidak ada unsur politik, ini gotong royong, partisipasi untuk gimana caranya istana kesultanan Kotapinang ini menjadi icon Kabupaten Labusel, sehingga harus dipugar kembali,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here