“Menggelegar ” Rp 110 Milyar Banprop Untuk Disdik Kabupaten Tasikmalaya

0
386

Modusinvestigasi.com |Kabupaten  Tasikmalaya | Journalist Investigation Team ( JIT)

Pada tahun 2018 Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan bantuan Propinsi Jawa Barat ( BANPROP ) sebesar 110 milyar yang di pergunakan untuk pengadaan alat penunjang pembelajaran PAUD, SD & SMP secara e – Katalog, hal tersebut di katakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Edi Ruswandi H, SPd,MM kepada Modus Investigasi baru baru ini.

Dalam keterangannya Sekdisdik Kab. Tasikmalaya mengatakan, secara tertulis kami tidak tahu alat pembelajaran tersebut apa saja kalau yang jelas tanyakan saja kepada Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) dan Pejabat Pembuat Teknik Kegiatan ( PPTK ), mungkin mereka yang bisa menjelaskan berapa jumlah nilainya, perusahaan mana rekanannya, dan siapa pemilik perusahaan tersebut, dan apa alat pembelajarannya, yang jelas bantuan dari Pusat melalui Pemerintah Propinsi Jawa Barat Tahun 2018 Sebesar Rp. 110 Milyar ( Seratus Sepuluh Milyar ) katanya.

Sementara itu menurut Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Nandang  juga membenarkan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan Banprop sebesar Rp. 110 Milyar lebih yang dipergunakan untuk pengadaan alat pembelajaran di PAUD, SD & SMP secara e-katalog pada bulan Desember 2018, namun Nandang tidak tau rinci lebih detail mengenai hal-hal apa saja bantuan tersebut.

“Silahkan tanyakan saja ke KPA & PPTK nya masing masing, disini hanya globalnya saja dari keseluruhan dana tersebut yang akan di pergunakan untuk e-katalog, selain itu juga ada beberapa kegiatan yang tidak terserap dengan cara menggunakan sistim lelang, pungkasnya.

Berdasarkan informasi ini Modus Investigasi menemui Ex Kepala Bidang SMP Nanang Nurwahid SAg , saat menduduki jabatan selaku Kapala Bidang SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, ketika hal ini ditanyakan dan bantuan yang sangat fantastic melalui hubungan telepon karena dia  sudah pindah ke propinsi, dalam keterangannya mengatakan itu masalah kedinasan sudah di serahkan kepada saudara H. Dedi Abdullah yang sekarang menjabat sebagai Plt Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Selang 2 hari kemudian Tim langsung menemui Plt Kepala Bidang di Gedung PGRI Kabupaten Tasikmalaya, menurutnya dirinya sama sekali tidak tau tentang bantuan sebesar itu, apalagi ex Kabid SMP sudah pindah ke propinsi sama sekali tidak memberikan kabar kepada kami baik secara tertulis atau lisan, katanya.

Dana Bantuan yang dari Pusat melalui Propinsi sebesar  Rp. 110.000.000.000,_ ( Seratus Sepuluh Milyar ) yang Luar biasa dan fantastik untuk pengadaan e- katalog hingga berita ini diturunkan, belum diketahui mekanisme alokasinya dan proses kerjasama dengan pihak ketiga seperti apa.***