Minimnya Pengawasan Dinas ESDM Provinsi, Diduga Marak Tambang Galian C Tidak Berijin

0
112

Modusinvestigasi.com | Semarang

Reporter : Vio Sari/Tim KMI Jawa Tengah  

Maraknya Tambang galian C di setiap daerah bahkan di duga tanpa ijin sehingga mengakibatkan hilangnya pajak di sektor pertambangan. Mungkinkah ini karena kurangnya pengawasan lnstansi terkait.

Penelusuran tim modus investigasi ke sejumlah daerah banyak tambang galian C yang di duga tidak punya ijin, bahkan ada yang ijin hanya dua bulan, seperti tambang galian C di Desa Tangkil  Kec. Kemalang Kab. Klaten. Jawa Tengah, padahal dalam undang undang mineral dan batubara Pemerintah mempertimbangkan pemberian izin usaha pertambangan dengan masa berlaku seumur tambang bisa diproduksikan untuk memberikan kepastian kepada investor.

Seperti yang pernah di utarakan oleh menteri ESDM Sudirman Said saat itu yaitu,

“Dalam semangat memberi insentif investasi dan kepastian jangka panjang perlu dipertimbangkan untuk memberi izin usaha pertambangan dengan jangka waktu lebih panjang.

Kabid galian C ESDM Provinsi Jawa Tengah Agus Sugiarto melalui stafnya Angela bidang minerba mengatakan kalau ESDM tidak berwenang untuk menindak lanjuti pengusaha galian C, “Yang berwenang adalah penegak hukum” katanya, pada wartawan di kantornya kamis 5/12/2019.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here