Peningkatan Jalan Babakan – Karang sari Kecamatan Cimanggu Kabupaten  Cilacap  Capai Progres 85 %.

0
59

Modusinvestigasi.com | Cilacap

Reporter : Albert Situmorang

Peningkatan jalan Babakan Kecamatan Karangpucung menuju Desa Karangsari  Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap kini sudah mencapai 85 %. Pehak rekanan  yakni PT. Adi Bima Pratama ( ABP )yang melaksanakan pekerjaan tersebut sedikit mengalami kendala  di lapangan.

Terjalnya jalan dan sudah beratakan hingga batuan yang berserakan di badan jalan menyulitkan pihak rekanan PT ADP menyulitkan mereka hingga matrial yang di butuhkan tidak bisa hingga di langsir ulang oleh rekanan.

Artinya bahwa matrial yang sudah di datangkan dari Depot matrial tidak bisa nyampai kelokasi bangunan dan harus dilangsir lagi oleh pihak PT.ADP dikarenakan faktor jalan yang sudah berantakan hingga menambah beban rekanan untuk menguras koncek guna untuk biaya langsir ke titik pekerjaan.

Ditambah lagi cuaca yang kurang bersahabat, membuat pekerjaan peningkatan jalan Desa Babakan – Karangsari  Kecamatan Cimanggu sedikit terkendala. Namun tidak jadi penghalang bagi PT. ADP sebagai rekanan yang komit menanda tangani kontrak tetap konsisten dalam melaksanakan pekerjaan nya.

Seperti penuturan Edi sebagai pelaksana lapangan kepada Koran KMI, Dia mengatakan bahwa kami mendapat aral ( Rintangan – Red ) dalam ahir – ahir ini, Edi mengatakan , bahwa dua hari yang lalu dua hari berturut – turut hujan datang, cuaca yang tidak berhabat terpaksa saya berhentikan kerjaan.

Ditambah lagi matrial bangunan seperti Batu coran dan pasir yang dibutuhkan untuk cor jalan harus menunggu dilangsir dari tempat pengepulan matrial diatas dikarenakan mobil yang mendatangkan matrial tidak bisa masuk akibat parahnya jalan, terpaksa kita langsir lagi, pada hal anggaran melangsir matrial dilapangan ke lokasi kerjaan tidak ada tapi demi kelancaran pekerjaan apa pun itu kita lakuka walaupun itu tidak ada dalam Renca Anggaran Belanja (RAB) kita harus siap menghadapi kendala itu, pungkas Edi pada KMI.

Satu bukti konsisten nya rekanan terhadap kontrak yang sudah disepakati adalah Desa Babakan Kec. Karang pucung, kini sudah rampung dikerjaan secara total. Mulai dari pengocora jalan hingga pengaspalan sudah rampung. Berdasarkan papan kontrak yang dipampangkan dilokasi oleh pihak PT.ADP bahwa pihak rekanan masi memiliki waktu yang cukup dalam melaksanakan peningkatan jalan Babakan – Karang sari yang berlokasi di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap.

Menurut SPMK yang dimiliki oleh PT. ADP di mulainya pekerjaan tertanggal 26 juni 2010 dengan jang waktu 150 hari pengerjaannya. Berarti masi ada lagi waktu dua bulan dalam mengerjakan dan ditambah Adendum dari Dinas PU.PR dikarenakan cuaca hingga pekerjaan tidak bisa secara reguler dikerjakan akibat cuaca. Jalan perbukitan yang terjal ditambah bebatuan yang berserakan  dibadan jalan hal itulah salah satu faktor yang menyulitkan matrial sulit dilangsi kelokasi pekerjaan ditambah cuaca yang tidak bersahabat menjadi kendala utama bagi rekanan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.

Edi sebagai pelaksana lapangan mengatakan kepada KMI, bahwa dirinya optimis bahwa pekerjaan peningkatan jalan Desa Babakan – Karangsari oprimis bahwa selesai tepat 2aktu sesuai dengan kontrak, pungkasnya kepada KMI saat ditemui dilapangan pada hari kamis 24/09 .

Optimis pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT.ABP dikecamatan cimanggu akan selesai dan menueut pantauan wartawan KMI di lapangan juga optimis akan rampung sebelum kontrk habis. Jika pun adanya faktor cuaca yang menjadi kendala, diminta DinasPU.PR mengerti akan medan area serta waktu yang kurang bersahabat dikarenakan Cilacap sudah mulai turun hujan secara tidak terus menerus dan bisa dalam seharian atau tiada har tanpa hujan.***