Tembok Penahan Ruas Jalan Bandung-Tasikmalaya Longsor Di Hantam Gempa 4,9 M

0
39

Modusinvestigasi.com | Tasikmalaya

Reporter : Tim Investigasi

Tembok penahan tanah (TPT) ruas jalan BandungTasikmalaya di Kampung Cijolang, Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, longsor. TPT itu sepanjang 50 meter dengan tinggi 12 meter.

Longsornya TPT diduga akibat dihantam gempa tasikmalaya  yang berkekuatan magnitudo 4,9.

Gempa tasikmalaya berpusat di laut 112 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 11 kilometer, terjadi pada Jumat (21/2/2020) pukul 07.57 WIB.

Kepala Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sopian mengungkapkan, TPT yang longsor ada di Perumahan Pondok Indah Palasari.

Sebelum longsor, TPT sempat mengalami retakan, lalu ambrol hingga hampir menutupi ruas jalan Bandung-Tasikmalaya.

Menurut Tubagus, longsor terjadi tidak lama setelah gempa berkekuatan magnitudo 4,9 yang berpusat di Tasikmalaya.

Gempa ini dirasakan cukup kuat di wilayah Kabupaten Garut sebagaimana laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Adapun detik-detik longsoran itu sempat terekam oleh kamera warga dan videonya pun tersebar di jejaring media sosial.

Sebelum longsor, TPT terlihat sempat retak, selang beberapa detik, TPT pun longsor.

Untungnya, longsoran tidak sampai menutupi badan jalan Bandung-Tasikmalaya yang pada saat kejadian ada beberapa kendaraan motor melintas.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha menyampaikan, longsoran TPT tidak sampai menutupi badan jalan. Karenanya, tidak ada pengguna ruas jalan nasional tersebut yang menjadi korban.

Upaya pembersihan material longsoran tidak akan sampai membuat kemacetan. Jadi, arus lalu lintas tidak akan terganggu karena longsor tidak sampai ke jalan,” katanya.

Asep menduga, TPT tersebut longsor karena konstruksinya. Sebab, longsoran TPT ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya,TPT tersebut juga pernah longsor.

TPT itu dibangun setelah bagian atas bukit dibangun sebuah perumahan, yaitu Perumahan Pondok Indah Palasari.

Selain perumahan, di atas bukit yang TPT-nya longsor juga terdapat dua sekolah, yaitu SMKN 3 Garut dan SMPN 3 Limbangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here