Beranda Iptek Aplikasi Sidakeptri-Silima Beri Kemudahan Informasi Ketenagakerjaan Untuk Masyarakat

Aplikasi Sidakeptri-Silima Beri Kemudahan Informasi Ketenagakerjaan Untuk Masyarakat

23
0

Modusinvestigasi.online, Cimahi – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi menginisiasi aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakeptri). Aplikasi ini merupakan perwujudan dari pengelolaan dan pengembangan sistem ketenagakerjaan dalam bentuk sarana pelayanan secara online, yang melibatkan kelima pilar ketenagakerjaan.

Sidapektri merupakan transofmrasi pengembangan dari aplikasi Sistem Link And Match (Silima) yang sudah ada. Keduanya bertautan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam informasi mengenai ketenagakerjaan.

Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, salah satu misi Kota Cimahi yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja. Sasaran penyelenggaraan pembinaan ketenagakerjaan terutama meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas, dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan.

“Apalagi Kota Cimahi termasuk kota yang memiliki angka TPAK (Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja) yang sangat besar, dapat menjadi modal atau potensi untuk menciptakan pertumbuhan yang tinggi, sesuai dengan arah prediksi dari bonus demografi,” ujarnya.

Diakui, jumlah angkatan kerja terus bertambah. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 penyerapan tenaga kerja menurun seiring lesunya perekonomian.

“Bukan hanya untuk pencari kerja, tetapi aplikasi Silima dam Sidakeptri juga bermanfaat bagi pekerja yang tedampak pandemik covid-19. “Harapan kami, para pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan karyawan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni LPK, dan bursa kerja khusus dapat secara online memanfaatkan fasilitasi kami, melalui akses ke website silima.cimahikota.go.id, agar selalu dapat update  informasi peluang kerja yang selalu up to date,” ungkapnya.

Kabid. Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi Teja Dahliawati menambahkan, Sidakeptri merupakan aplikasi yang memberikan informasi tentang data ketenagakerjaan, lowongan pekerjaan serta pelatihan-pelatihan yang sifatnya terintegrasi dalam satu sistem. Pada aplikasi Silima terdapat 5 pilar ketenagakerjaan, dilengkapi lagi dengan data ketenagekerjaan dan pelatihan oleh Sidakeptri.

“Jadi intinya Sidakeprti ini adalah pelengkap dari vitur yang ada di Silima, terintegrasi baik dengan provinsi maupun dengan pusat,” sambungnya.

Saat ini Disnaker Kota Cimahi sedang melengkapi dari vitur yang ada di Silami, tambahannya adalah data ketenagakerjaan dengan data pelatihan.

“Sidakeptri baru akan kita kembangkan di 2022. Silima tidak akan hilang, aplikasinya bersinergi dengan Sidakeptri melengkapi dari fitur yang belum dimunculkan oleh Silima, khususnya terkait dengan masalah data ketenagakerjaan dengan data pelatihanan, yang justru saat ini sangat dibutuhkan oleh teman-teman pencari kerja yang ada di Kota Cimahi untuk meningkatkan kompetensi mereka,” bebernya.*(Jerinsen Panggabean)

Artikel sebelumyaProyek Revitalisasi pemeliharaan gedung Museum Pendopo Lama Dinilai Lamban
Artikel berikutnyaDinas Pendidikan Kota Cimahi Mulai Lakukan Persiapan Untuk Sekolah Tatap Muka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here