Beranda Daerah Sejumlah Wilayah Malang Tertutup Abu Vulkanik Letusan Gunung Semeru

Sejumlah Wilayah Malang Tertutup Abu Vulkanik Letusan Gunung Semeru

53
0

Modusinvestigasi.Online, Lumajang – – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melaporkan akibat meletusnya Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, sejumlah wilayah di Kabupaten Malang terguyur hujan abu vulkanik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan, dari Kota Malang, Sabtu, mengatakan bahwa berdasarkan laporan sementara ada sejumlah wilayah yang mengalami hujan abu akibat meletusnya Gunung Semeru.

“Untuk wilayah terdampak langsung tidak ada, namun hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa wilayah,” kata Sadono Irawan.

Beberapa wilayah yang mengalami hujan yang disertai abu vulkanik letusan Gunung Semeru, antara lain Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, sebagian Kecamatan Wajak, dan Kecamatan Bantur.

“Sejauh ini kondisi aman di Kabupaten Malang,” kata Sadono Irawan seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Camat Ampelgading Achmad Sovie menambahkan pada wilayah itu, Kabupaten Malang yang berdekatan dengan Kabupaten Lumajang, saat ini dalam kondisi aman dan tidak terdampak secara langsung dari letusan Gunung Semeru.

“Untuk wilayah Kabupaten Malang kondisi aman karena letusan mengarah ke Lumajang,” katanya.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3/676 meter dari permukaan laut (mdpl) dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas kemudian meletus yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik, kurang lebih pada Sabtu 4 Desember 2021. pukul 15.20 WIB.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. (Red/Salman)

Artikel sebelumyaRespons Kapolri, Soal Oknum Anggota Polri Perkosa Mahasiswa
Artikel berikutnyaUpdate Korban Luka Bakar Erupsi Semeru 41 Orang, 2 Ibu Hamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here