Komisi II DPRD Pangandaran Dengar Pendapat Umum DPC Apdesi.

0
109

Modusinvestigasi.com | Pangandaran

Reporter : Budi Setiawan

Rapat Dengar Pendapat Umum dengan DPC APDESI Kab. Pangandaran Perihal Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani.

Rapat dipimpin oleh Pimpinan Sidang/Rapat H. Endang Ahmad Hidayat (Ketua), Pencatat Wiby Luckyta, S.I.Kom, Peserta Sidang/Rapat Anggota Komisi II H. Endang A. Hidayat
Dihadiri SKPD Yadi Gunawan (Sekdis), Aep Haris ( Kabid TPH), Enjen R. (Kabid Penyuluh), Restu Gumilar (Kasi TPH)
Prayoga (Penyuluh).
Rapat Dengar Pendapat Umum dengan DPC APDESI Kab. Pangandaran Perihal Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani dibuka oleh pimpinan rapat yaitu Ketua Komisi II yaitu H. Endang Ahmad Hidayat.
Rapat Dengar Pendapat Umum dengan DPC APDESI Kab. Pangandaran Perihal Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani dan dari hasil pembahasan tersebut diperoleh beberapa laporan antara lain sebagai berikut : Arah Kebijakan Pupuk Bersubsidi Kedepan :
Penyempurnaan data petani e-RDKK penerima subsidi dengan basis  data NIK, nama sesuai KTP, dan alamat (by name by address).
Pupuk Bersubsidi diperuntukan sub sektor Tanaman Pangan,  Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (petani yang  telah bergabung dalam Kelompok Tani dan menggarap lahan paling  luas 2 Ha dan Petani petambak paling luas 1 Ha)
Penebusan Pupuk Bersubsidi Tahun 2021 Harus dilakukan dengan menggunakan Kartu Tani.
Distribusi pupuk melalui pola tertutup mulai dari Produsen, Lini I, Lini II,  Lini III, sesuai Permendag No. 15 Tahun 2013, selanjutnya sampai ke Lini  IV dan Petani
Penggunaan dosis rekomendasi sebagai batas maksimal dalam system eRDKK.
Mekanisme pendataan erDKK, penerbitan & penggunaan kartu tani
Usulan Pupuk dari Kelompok Tani Verifikasi Usulan Secara Berjenjang dengan  sistem E-RDKK
Penebusan Pupuk dengan EDC  dan Kartu Tani
Manfaat e-RDKK
Data petani berdasarkan NIK;
Lebih Transparan dalam pendistribusian dan pengalokasian pupuk bersubsidi;
Mempermudah dalam pemantauan tiap level  pengajuan (pengusulan) kebutuhan pupuk;
Mengetahui Kebutuhan pupuk per komoditas;
Database tahun – tahun sebelumnya akan lebih mudah  terekam;
Pengendalian terhadap penggunaan subsidi pupuk per petani/NIK/Ha dapat dilakukan melaui sistem.
Data Kartu Tani Kabupaten Pangandaran Tahun 2020 :
Rekapitulasi E-RDKK Pupuk Bersubsidi Kabupaten Pangandaran Tahun 2020 :
Tindaklanjut Hasil Evaluasi Percepatan Implementasi Kartu Tani :
Mendorong HIMBARA untuk mendistribusikan kartu tani dan melengkapi infrastruktur mesin EDC pada kios terutama di wilayah project (Jawa, Madura, Sumbawa, dan Sumbawa Barat)
Pada bulan September 2020 akan ditetapkan KPA sebagai pelaksana implementasi kartu tani.
Perluasan wilayah implementasi kartu tani diluar Jawa, Madura, Sumbawa dan Sumbawa Barat yang mengusulkan sehingga dasar pembayaran pupuk subsidi melalui dashboard bank meningkat Wilayah kios yang tidak ada sinyal atau blankspot area agar berkoordinasi dengan bank pelaksana dan Kemenkominfo
Mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan sosialisasi dan pemahaman petani untuk menggunakan kartu tani dalam penebusan pupuk bersubsidi.
Rapat Dengar Pendapat Umum dengan DPC APDESI Kab. Pangandaran Perihal Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani oleh pimpinan rapat yaitu Ketua Komisi II unkapnya. ***