Beranda Ragam Menlu Inggris Jalan-jalan di KRB, Terkejut Lihat Pohon Raksasa Ini

Menlu Inggris Jalan-jalan di KRB, Terkejut Lihat Pohon Raksasa Ini

1
0

Modusinvestigasi.Online, Bogor – Menteri Luar (Menlu) Negeri Inggris Elizabeth Mary Truss atau Liz Truss sempat mengunjungi Kebun Raya Bogor (KRB), usai melakukan kerja sama Kedutaan besar Inggris dengan Jawa Barat, Jumat (12/11/2021).

Dalam kunjungannya, Liz Truss mengunjungi berbagai tempat bersejarah di KRB yang memiliki kaitan erat dengan Inggris. Salah satunya adalah Monumet Olivia Raffless.

Monument tersebut, dibangun oleh Thomas Stamford Raffles untuk mengenang istrinya, Olivia Mariamne, yang wafat karena penyakit Malaria pada usia 42 tahun.

Di depan monument tersebut juga, Liz Truss meyerahkan cendramata kepada pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang diwakilkan oleh Dian Latifah.

Dalam perjalanan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam, Menlu Inggris juga berkesempatan untuk melihat Bank Biji (Seed Bank), yang merupakan kerja sama antara BRIN dan Millenium Seed Bank, Royal Botanic Garden Kew, United Kingdom sejak tahun 2016.

Royal Botanic Gardens telah mendukung 20 perjalanan BRIN, untuk mengeksplorasi dan mengumpulkan biji-bijian dari seluruh hutan di Indonesia.

Liz Truss juga terkesima dengan adanya koleksi bambu raksasa di KRB. kemudian ia turun untuk berfoto di depan bambu raksasa. Bahkan, ia mencoba memainkan music dengan memukul bambu tersebut.

Bambu tersebut merupakan bambu bernama latin Gigantochloa atroviolaceae. Bambu yang bisa mengeluarkan suara merdu jika diketuk. Gigantochloa atroviolaceae merupakan bambu terbaik di antara jenis bambu lainnya.

Di Jawa Barat, digunakan sebagai bahan baku alat musik tradisional angklung dan calung.

Buluhnya tegak berwarna hijau kehitaman atau ungu tua. Tingginya mencapai 20 m dengan diameter 5-8 cm dan panjang tiap ruas hingga 50 cm.

Trip kali ini ditutup dengan berfoto di belakang halaman Istana Bogor. Dulunya pernah ditinggali oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1811-1816. Setelah sebelumnya, Menlu Inggris bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Jakarta.

Ia juga merasa kagum dengan koleksi tanaman air Victoria amazonica dan Nelumbium nucifera, yang berada di area kolam gunting yang berada di kawasan KRB.

Diketahui sebelum ke KRB, Liz Truss sempat menyambangi Bogor Creative Center (BCC), Kota Bogor.

Disana ia disambut oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya di depan area parkir Bogor Creative Center.

Kedatanganya itu berkaitan dengan kerjasama antara Kedutaan besar Inggris dengan Jawa Barat untuk memajukan ekonomi kreatif dan teknologi di Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Liz Truss juga resmi meluncurkan program Nurture to Scale. (Veronica)

Artikel sebelumyaTaman Safari Indonesia Perketat Prokes Untuk Pengunjung
Artikel berikutnyaDinas PU Kabupaten Sukabumi Pangkas Sejumlah Pohon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here