Beranda Peristiwa Potensi Bencana Hidrometeorologi, Warga Cimahi Diminta Waspada

Potensi Bencana Hidrometeorologi, Warga Cimahi Diminta Waspada

4
0

Modusinvestigasi.online, Cimahi –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mengimbau warga Kota agar waspada dan siap siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Asep Bahtiar mengatakan, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG), saat ini menang sudah memasuki musim penghujan yang puncaknya diprediksi akan terjadi Desember 2021.

Dikatakan Asep, bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di Kota Cimahi di antaranya banjir, longsor hingga angin puting beliung. Apalagi curah hujan di Kota Cimahi belakangan ini mengalami peningkatan. “Cuacanya cukup ekstrim. Kita dikasih hujan dua tiga jam dan angin kencang banyak rumah-rumah rusak, seperti atapnya kena angin, rumahnya ambruk rumahnya tertimpa benteng,” ungkap Asep.

Dirinya mengatakan, para personel BPBD Kota Cimahi sendiri siaga 24 jam untuk menghadapi kemungkinan yang terjadi akibat bencana alam. Selain itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Dari mulai RT, RW, kelurahan, kecamatan hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk antisipasi dan penanggulangan dampak bencana di Kota Cimahi.

Perihal bantuan, lanjut Asep, BPBD Kota Cimahi sesuai tugas dan fungsinya hanya memberikan bantuan kebutuhan dasar saja apabila ada dampak kerusakan rumah warga. Sementara untuk bantuan perbaikan rumah akibat becana menjadi tugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP).  *(Jerinsen Panggabean/KMI).

Artikel sebelumyaPeringatan Hari Pahlawan, Ngatiyana Ajak Seluruh ASN Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan
Artikel berikutnyaSMPN 14 Cimahi Terima Bantuan CSR Meja-Kursi Belajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here