Beranda Nasional Elit Politik Dibalik Pemuda Pancasila

Elit Politik Dibalik Pemuda Pancasila

9
0

Modusinvestigasi.Online, Jakarta – Ormas Pemuda Pancasila menjadi omongan yang kerap kali dibahas saat ini. Pasalnya, seorang anggota polisi dikeroyok oleh mereka saat gelar aksi pada Kamis (25/11/2021).

Aksi itu diketahui menuntut Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang agar meminta maaf atas pernyataannya yang mendesak Kementerian Dalam Negeri menertibkan organisasi masyarakat atau ormas yang meresahkan masyarakat.

Akhirnya, demonstrasi itu berujung ricuh. Hal itu bermula dari tindakan massa aksi yang berusaha menerobos masuk ke area kompleks parlemen. Petugas kepolisian pun mengadang dan menahan para pedemo di depan gerbang.

Namun, sejumlah anggota ormas Pemuda Pancasila justru melakukan tindakan anarkistis. Beberapa di antaranya bahkan mengeroyok seorang perwira menengah, yakni Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali.

Mengutip Kompas.com, bukan kali ini saja ormas Pemuda Pancasila terlibat aksi anarkistis. Sebelumnya, ormas Pemuda Pancasila juga terlibat bentrokan dengan ormas Forum Betawi Rempug di Ciledug, Tangerang, pada Jumat (19/11/2021).

Kendati kerap terlibat dalam tindakan anarkistis, ormas Pemuda Pancasila juga memiliki sokongan dari para elite politik nasional. Ketua MPR Bambang Soesatyo tercatat menjadi Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila.

Bahkan, Presiden Joko Widodo beserta Wakil Presiden Ma`ruf Amin juga tercatat sebagai anggota kehormatan Pemuda Pancasila.

Jokowi dikukuhkan sebagai anggota kehormatan Pemuda Pancasila saat membuka Musyawarah Besar Pemuda Pancasila di Hotel Sultan, Jakarta, pada 26 Oktober 2019.

Ketua Umum Pemuda Pancasila Yapto Soerjosumarno mengatakan, para anggota kehormatan mendapat perlindungan penuh darinya selaku Ketua Umum Pemuda Pancasila.

“Kami sudah mengangkat Presiden RI Joko Widodo. Saya bertanggung jawab melindungi pemegang kartu anggota Pemuda Pancasila,” kata Yapto.

Dua hari berselang pada 28 oktober 2019, tepatnya pada penutupan Musyawarah Besar Pemuda Pancasila, giliran Ma`ruf Amin yang didapuk sebagai anggota kehormatan.

Yapto langsung yang mendapuk Ma`ruf Amin menjadi anggota kehormatan Pemuda Pancasila dalam acara tersebut.

Ma`ruf diberikan status demikian usai menyampaikan pidato penutupan Musyawarah Besar Pemuda Pancasila.

(Vhe)

Artikel sebelumyaJalan Tegar Beriman Komplek Pemda Banjir Setinggi Betis Orang Dewasa
Artikel berikutnyaRapat Lintas Sektoral, Kapolri Paparkan Strategi Cegah Lonjakan Covid-19 Saat Nataru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here